SINARPAGIAKTUAL .COM: Alun-alun Cimalaka rupanya menjadi agenda  khusus bagi camat Cimalaka yang baru Wawan Kuswandi S.sos yang sebelumnya menjabat camat di Tanjungmedar itu. Menurut Wawan saat ditemui di alun-alun  menyatakan alun-alun sebagai pusat perkotaan di Cimalaka mesti terus dibenahi agar menjadi lambang kebanggaan masyarakat Kecamatan Cimalaka oleh karena itu selain tiap seminggu sekali  diadakan kebersihan oleh pihak kecamatan Cimalaka  maka tiap minggu ke empat di akhir bulan seluruh kepala desa  dan perangkatnya mesti datang untuk melakukan kebersihan di alun-alun tersebut. Jum’at (27/9).

                “ Masyarakat Cimalaka mesti peduli terhadap kebersihan alun-alun sebagai salah satu lambang kebanggan masyarakat Cimalaka oleh karena itu maka seminggu sekali di tiap hari Jumat kita selalu bersihkan dan di minggu ke empat para kepala desa dan perangkatnya dilingkungan Kecamatan Cimalaka harus datang kesini untuk turut membersihkan juga, dan hal itu sudah dilakukan 2 kali”, ujarnya.

Selanjutnya dalam penataan alun-alun  Cimalaka Wawan mencanangkan agar kedepanya alun-alun Cimalaka menjadi tempat hiburan sebulan sekali di setiap bulan Purnama tiba.

“ Kedepanya saya ingin alun-alun Cimalaka ini menjadi tempat hiburan masyarakat di tiap tanggal 14 bulan purnama sehingga kita sebagai warga masyarakat Cimalaka akan makin senang tinggal di Cimalaka”, ujar Wawan lagi.

 Selanjutnya Camat Cimalaka mengatakan,“ Nanti pada saat itu ditampilkan kesenian-kesenian tradisioanl yang ada di Cimalaka seperti di naluk ada kesenian terbang juga di Galudra ada wa Idu, jadi kita lebih mengedepankan terlebih dahulu kesenian yang ada di Cimalaka   ”, ujarnya 

“ Kedepan untuk penataan alun-alun saya akan menyisihkan dana dari Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) apalagi  jika dikaitkan dengan Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS) hal itu penting sekali ”, ujar Wawan lagi.

Terkait hal itu menurut Kepala Desa Serang Kusyana saat ditanya wartawan di tempat terpisah menyatakan menyambut baik akan rencana camat Cimalaka, “ Sebagai kades, saya sangat antusias sekali  dengan rencana Pak Camat baru ini, karena ini merupakan gebrakan baru dan saya yakin semua kepala desa di Cimalaka akan mendukungnya”, ujarnya

Sebelumnya Kades Padasari Kosasih juga saat ditemui di tempat yang sama mangatakan, “ Saya setuju dengan rencana Pak Camat tapi jangan sampai nanti dipelaksanaan malah jadi semrawut akibat gerobak-gerobak yang muncul , sehingga alun-alun jadi kotor kembali jadi mesti kembali bersih dan untuk menampilkan kesenian bisa diambil dari sekolah-sekolah dillakukan secara bergilir ”, ujar Kosasih.(JEKY)