SINARPAGIAKTUAL,COM-(NIAS): Selain padi, jagung dan kedelai, cabe dan bawang juga merupakan salah satu faktor produksi yang penting di   kabupaten nias yang harus dikembangkan saat ini. Untuk itu dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias mengambil langkah-langkah strategis untuk dapat meningkatkan produktivitas dan pengembangan tanaman cabe melalui kegiatan penubahan pengembangan intensifikasi tanaman cabe di 10 [sepuluh] kecamatan se-kabupaten nias seluas 5 ha dengan masing-masing kecamatan melalui kelompok tani  seluas 0,5 ha.

dalam mendukung pengembangan tanaman cabe di kabupaten nias tahun anggaran 2017 melaui dinas pertanian dan ketahanan pangan telah mengalokasikan anggaran berupa pengadaan sarana produksi seperti benih, pupuk, obat-obatan, polibag, mulsa hand sprayerdan upah kerja yang telah dan akan diserahkan kepada kelompok  tani penerima manfaat.

beberapa minggu yang lalu kita telah menyerahkan bantuan kepada para kelompok tani berupa alat-alat mesin pertanian. Khusus untuk kelompok tani samaeri, kita telah berupaya melalui apbd kabupaten nias berupa penggadaan power treesher/perontok pad i sebanyak 1 [satu] unit, apabila kelompok ini dan kebersamaan dapat menunjukkan kreatifitas dan kebersamaan dapat dipertimbangkan lagi untuk pemberian bantuan lainnya ke depan.

kegiatan pengembangan intensifikasi tanaman cabe dan pengembangan tanaman jagung yang berusan kita laksanakan penanaman perdana tadi adalah hanya berupa contoh yang diberikan oleh pemerintah kabupaten nias melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan ta. 2017, dengan harapan kiranya bapak/ibu/saudara/i petani dapat mengembangkan dan mencontoh kegiatan seperti ini di lahan masing-masing, karena pasar telah siap menanmpung hasil produksi bapak/ibu, apalagi bulan-bulan kedepan merupakan hari-hari besar keagamaan yang biasanya harga cabe cukup menggembirakan dan menjanjikan.

 

Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kab.nias melaporkan kepada bapak bupati nias bahwa;  dasar pelaksanaan kegiatan ini sbb;

  1. Berdasarkan dpa-skpd 200.03.2.00.03.01.15.002.5.2. Tanggal 30 januari

2017 kegiatan intensifikasi tanaman cabe tahun anggaran 2017.

  1. Keputusan kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias

tentang penetapan kelompok tani penerima manfaat kegiatan

pengembangan intensifikasi tanaman cabe dinas pertanian dan

ketahanan pangan kabupaten nias tahun anggaran 2017.

  1. Surat undangan pengurus kelompok tani sameri nomor; 005/03/smr/vi/

2017 tanggal 14 juli 2017 tentang undangan menghadiri tanaman

cabe pada kelompok tani sameri dan penanaman jagung pada demplot

02 13/ nias di desa otalua kecamatan idanogawo.

tujuan pelaksanaan pengembangan intensifikasi tanaman cabe di 10 [sepuluh] kecamatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap [pks] petani dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang tidak mau menjadi mau,dari yang tidak mampu menjadi mampu dengan mendorong meningkatan produksi, pendapatan dan kesejahteraan para petani.

pada kesempatan ini juga perlu kami laporkan kepada bapak bupati nias bahwa kegiatan demplot penanaman jagung varietas b-89 dari kodim 02 13/ nias seluas 5 ha adalah salah satu wujud kesepakatan dan kebersamaan antar pemerintah kabupaten nias dan kodim 0213/ nias yang cukup berdampak untuk membawa perubahan baik kepada aparatur maupun kepada petani sebagai pelaku utama usaha pertanian, melalui para babinsa dan menyuluh yang senatiasa mendapingi di lapangan. (FESIANUS NDRAHA)