SINARPAGIAKTUAL.COM-(ROMA) : Salah satu bos mafia Italia yang paling diburu ditangkap di Uruguay setelah 23 tahun melarikan diri dari hukuman atas asosiasi mafia, perdagangan narkoba dan kejahatan berat lainnya, demikian diungkapkan Kementerian Dalam Negeri Italia, Senin.

Rocco Morabito dianggap sebagai buronan yang paling dicari dari Calabria yakni Ngdrangheta, organisasi kejahatan paling kuat di Italia serta importir kokaina Amerika Selatan terbesar di Eropa.

Pria berusia 50 tahun tersebut ditangkap di kota resor pantai Punta del Este setelah polisi Uruguay dan pihak otoritas Italia bekerja sama untuk menentukan identitas sebenarnya, demikian kementerian tersebut mengungkapkan dalam pernyataannya.

Morabito yang dijuluki sebagai “raja kokaina Milan” dicari-cari sejak tahun 1994 sejak ia digembar-gemborkan membayar 13 miliar lira Italia atau sekitar 8 juta dolar AS untuk mengimpor satu ton obat-obatan terlarang, menurut laporan surat kabar Corriere della Sera.

Surat perintah penangkapan internasional dikeluarkan pada 1995 dengan tujuan untuk melacak Morabito dan mengekstradisinya ke Italia, negara tempat dia telah dijatuhi hukuman 30 tahun penjara.

Dengan penangkapan Morabito, jumlah buronan paling dicari seperti yang ada dalam daftar Kementerian Dalam Negeri telah berkurang menjadi empat orang. Dalam daftar, juga ada kepala mafia Sisilia yang ditakuti, Matteo Messina Denaro, yang pernah bertemu dengan Morabito. Demikian laporan Reuters. (Uu.KR-DVI/T008/ANT/SPA)