SINARPAGIAKTUAL.COM-(NIAS) : Bupati Nias Melaksanakan Penyerahan Bea Siswa Berprestasi Kepada Siswa/i  SD, SMP se –Kabupaten  Nias Tahun Anggaran 2017 didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Nias, Drs.Jeffry W.Wa’u, S.Sos, M.Si, Kasubbag Kesra pada Bagian Administrasi Kesra Setda Kab.Nias, Basozatulo Harefa, Kasubbag Humas Pimpinan pada Bagian Humas dan Keprotokolan Setda Kabupaten Nias,  Asori Buulolo, A.Md,  Adc.Asisten  Pemerintahan dan Kesra Sekda  Kab.Nias, Deliaman Mendrofa, SE.dan dihadiri oleh Camat Bawolato, Kepala UPT dinas pendidikan Bawolato, Kepala Sekolah SD Dahana, Para Guru, Orang tua dan PenerimaBeasiswa. Bertempat di Aula SD Negeri Dahana Desa Dahana Kec.Bawolato,  13 Juni 2017.

Bupati Nias, Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Visi Pemerintah Kabupaten Nias adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Nias yang Berkeadilan, Sejahtera Dan Mendiri yang dilayani oleh Pemerintah Yang Bersih Dan Responsif. Dimana sektor pendidikan menjadi salah satu pilar penting yang mendapat perhatian sangat serius dari Pemerintah Kabupaten Nias.

Pada sektor pendidikan, Pemeri ntah Kabupaten Nias berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan perluasan jangkau pelayanan pendidikan melalui peningkatkan kualintas tenaga pendidikan/tenaga kependidikan, fasilitas pembangunan sarana dan prasarana sekolah dan jaringan pengamanan pendidikan.

Selanjutnya Bupati Nias menginformasikan bahwa pemerintah pusat telah menggulirkan program batuan siswa miskin [BSM] yang sekarang disebut dengan Program Indonesia Pintar [PIP] kepada siswa/I kurang mampu diseluruh Indonesia, untuk menjamin siswa/i tidak sampai tidak putus sekolah karena masalah ekonomi. Namun Pemerintah Kabupaten Nias menilai bahwa perlu adanya penghargaan lebih kepada siswa/i yang memiliki prestasi tertbaik di sekolah untuk semua tingkat.

Pemerintah kab.Nias tetap konsisten memprogramkan pemberian beasiswa berprestasi kepada siswa SD dan SMP sebagai putra putri terbaik Kab.Nias, denghan tujuan untuk membentuk masyarakat nias yang Berkualitas, Berilmu, Bermartabat, Mandiri Dan Memiliki Daya Saing Tinggi.

Mengharapkan peran aktif seluruh aparat pendidikan didukung oleh orang tua dan masyarakat, untuk menanamkan prinsip –prinsip kerohanian dan budi pekerti kepada anak –anak kita.

Bupati Nias mengakhiri dengan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut; Kepada peserta didik yang berpresatasi disetiap jenjang sekolah dan menerima beasiswa pada hari ini, kami ucapkan selamat, namun jangan berpuas diri, tetap berjuang untuk mempertahankan prestasi, karena ini bukan akhir yang dicapai, melainkan salah satu tahapan untuk mencapai sukses dimasa yang akan datang., Pendidikan dapat mengubah jalan hidup setiap orang, karena itu jangan pernah berhenti sekolah.,Kepada seluruh orang tua siswa dan komite sekolah hendaknya tetap memberi motivasi kepada anak-anak kita untuk giat belajar, tidak hanya bergantung pada pemerintah tetapi mari kita bekerja sama untuk saling bahu membahu meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten nias yang kita cintai ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Atobali Laoli,S.Pd sebelumnya melaporkan kepada Bapak Bupati Nias jumlah satuan pendidikan di Kab.Nias Yakni;

Jumlah satuan pendidikan;  PAUD = 9 orang,  TK =2 orang, SD =26 orang, SMP =9 orang

Jumlah Tenaga Pendidik ; TK= 23 orang  GTT, SD=101 orang  PNS + 223 orang  GTT, + 14 orang GBD, sedangkan di SMP=21 orang PNS + 115 orang  GTT + 5 orang  GBD

Jumlah penerima Beasiswa di Kab.Nias ; SD = 2727 orang dan SMP=435 orang

Dengan rincian sebagai berikut;  SD Juara I= Rp. 450.000,- Juara II=Rp.420.000,-  dan Juara III= Rp.360.000,- sedangkan SMP Juara I=Rp. 570.000,- Juara II= Rp.510.000,- dan Juara III= Rp.480.000,-

Khusus kepada seluruh aparat pendidikan, para  pengawas sekolah/penilik luar sekolah, Kepala sekolah, Kepala sekolah dan guru, agar tetap meningkatkan kompetensi diri secara profesional dalam melaksanakan tugas sehari- hari(FESIANUS NDRAHA)