SINARPAGIAKTUAL.COM-(BANDUNG):  Pembawaan dan tutur katanya terlihat tenang. Apalagi bila bicara soal dunia pendidikan hukum dan profesi hukum bahasanya terstruktur rapi dalam menjelaskannya. Begitu melihat sosok advokat Dr. Musa Darwin Pane,SH.MH  ini kesan kharismatik terpancar diwajahnya;

Pria yang selalu berpenampilan rapih ini lahir di Medan tanggal 17 Mei 1982, memperoleh gelar Sarjana Hukum (S1) dari Fakultas Hukum Universitas Udayana (FH-UNUD) Bali (2000-2004). Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH-UNPAD) bekerjasama dengan IKADIN Bandung dan PERADI (2005) Magister Ilmu Hukum (S2) pada Pascasarjana Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Jakarta (2009-2011), memperoleh gelar Doktor Ilmu Hukum (S3) pada Pascasarjana Universitas Pasundan (UNPAS) Bandung (2012-2016) di bawah bimbingan Promotor Prof.Dr.H.Romli Atmasasmita,SH.LL.M, dan Co.Promotor Dr.Anthon F.Susanto,SH.M.Hum.

Penuli8s berprofesi sebagai advokat resmi sejak tahun 2007, selain sebagai advokat professional, penulis juga aktif sebagai akademisi menjadi dosen pada Fakultas Hukum Universitas Komputer Indonesia (FH-UNIKOM) mengampu mata kuliah anatara lain Delik-Delik Khusus Tindak Pidana Ekonomi, Antropologi Hukum, Kemahiran Hukum Lanjutan dan juga mengajar Mata kuliah Etika Profesi di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer/Program Studi Teknik Informatika Unikom. Penulis selain sebagai Dosen Praktisi juga aktif di berbagai organisasi diantaranya sebagai ketua PERADI Bandung periode 2017-2021 , selain itu aktif di  IKADIN, APPI.