SINARPAGIAKTUAL.COM-(NIAS): Kesehatan merupakan karunia tuhan yang sangat berharga dan merupakn salah satu hak dasar manusia. Karena itu pembangunan kesehatan menjadi bagian tak terpisahkan dari mpembangunan masyarakat secara keseluruhan. Kesehatan juga salah satu dari tiga faktor selain pendidikan dan ekonomi yang menentukan indeks pembagunan sumber daya manusia

Peningkatan derajat kesehatan akan memberikan sumbangan nyata dalam meningkatkan daya saing bangsa yang sangat di perlukan dalam era globalisasi. Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran,kemauan, dan kemampuan hidup eshat masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagainya investasi bagi pembangunan sumberdaya manusia. Kabupaten nias masih dihadapkan pada permasalahan antara lain masih tingginya angkat kematian ibu, masalah gizi pada balita serta kasus penyakit menular dan penyakit tidak menular yang juga sedang mengalami peningkatan seperti penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung koroner dan gagal ginjal yang terutama disebabkan oleh perilaku dan lingkungan tidak sehat, masih belum optimalnya pemerataan pelayanan dan mutu pelayanan kesehatan.

Beberapa penyebab kondisi demikian salah satu diantaranya adalah karena kekurangan tenaga kesehatan yang melayani masyarakat, oleh karena itu kita berharap kiranya melalui penempatan cpns dari formasi ptt ini sedikit dan demi sedikit permasalahan ini dapat teratasi. Pada acara ini juga sekaligus penyerahan SK CPNS dan surat perintah tugas bagi saudari, untuk ditugaskan di tempat yang telah ditentukanoleh pemerintah daerah seperti pada saat mengabdi sebagai ptt kementerian kesehatan sebelumnya.

Harapan masyarakat mulai hari ini telah dilentakkan di pundak saudari sebagai aparatur sipil negara yang mengedepankan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Untuk itu mulai besok saudari wajib menuju tempat tugas dengan terlebih dahulu melaporkan diri kepada kepala upt puskesmas tempat penugasan masing-masing. Saya ingatkan bahwa tidakada lagi alasan untuk menunda ataupun tidak mau menerima tugas yang telah dipercayakan kepada saudari karena dari awal sudah menyatakan bersediaditempatkan dan mengabdi di seluruh wilayah kabupaten nias. (FS)