SINARPAGIAKTUAL.COM-(NIAS UTARA): Pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) oleh Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara didampingi Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE.MM, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara serta Sekretaris KONI Kabaputen Nias Utara dan seluruh pengurus tepilih, Senin kemarin. Pelantikan Percasi di Kabupaten Nias Utara Masa Bhakti 2016-2020 dilaksanakan di Ruang RapatKantor Bupati Nias Utara. Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dalam arahannya menyampaikan selama ini banyak masyarakat beranggapan bahwa Catur adalah olahraga yang tidak membutuhkan stamina dan kebugaran padahal anggapan tersebut salah, karena catur adalah olahraga perorangan yang sangat membutuhkan stamina dan kebugaran.

Untuk itu atlit catur dituntut selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi cukup protein dan aktif melakukan latihan fisik. Dengan pelaksanaan pengukuhan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Nias Utara menjadi wadah perjuangan, pembinaan, dan pengembangan prestasi olahraga dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Nias Utara menjadi masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, menjelaskan.

Tambahnya mengatakan dengan terbentuknya pengurus PERCASI Kabupaten Nias Utara segera membuka turnamen catur yang menghasilkan atlit-atlit yang berpotensi sehingga dapat dibanggakan bahkan diikut sertakan pada kejuaraan-kejuaraan lokal, Nasional bahkan Internasional. Bupati Nias Utara menjelaskan bahwa catur mempunyai tiga filosofi yaitu selalu jujur terhadap sesama, dapat bermain cerdas, dan meraih kejayaan atau kemenangan. Bupati Nias Utara mengucapkan selamat kepada para pengurus terpilih kiranya melalui kepengurusan PERCASI Kabupaten Nias Utara masa bhakti 2016-2020 mampu memasyarakatkan kembali olahraga catur di Kabupaten Nias Utara, serta munculnya bibit baru penerus olahraga catur.harapnya.

Acara pelantikan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Nias Utara dan dilanjutkan penyerahan SK kepengurusan terpilih secara simbolis yang diterima oleh ketua umum PERCASI Nias Utara. Adapun susunan kepengurusan PERCASI Kabupaten Nias Utara masa bakti 2016-2020 yakni, Unsur Pembina : . Bupati Nias Utara,Wakil Bupati Nias Utara, Koordinator DPRD Kab. Nias Utara, Koordinator Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kajari Gunungsitoli, Kapolres Nias, Dandim 0213/Nias. Unsur Penanggung Jawab : Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara,. Kadisbudpora Kabupaten Nias Utara. Ketua Umum : Enaso Zega, MN, WN, PU. Ketua Harian : Duhuso Lase, S.Pd. Sekretaris : Amirudin Waruwu. Bendahara : Amosi Telambanua, S.Th. (Fesianus Ndraha)