Wa Idu

SINARPAGIAKTUAL.COM: Warga kampung Binong Desa Sirnamulya Sumedang Utara Sabtu lalu  mulai pukul 19.30 digegerkan oleh penampilan wa Idu seorang tokoh supranatural dari padepokan Gunung Keling Kencana yang berlokasi di Desa Galudra Cimalaka. Acara yang dikemas di sebuah perhelatan pernikahan dari putri seorang awak media JMTV Aans yang menikah dengan salah seorang anggota TNI di Kodim 0610 Sumedang itu dibuka oleh  hiburan pagelaran organ tunggal dari grup Sagala pimpinan Mamah Yayank juga selain itu kuda renggong dan seni buhun reak dari Ciwindu pimpinan Karmita (50)juga  turut memeriahkan masyarakat Binong .

Wa Idu yang menampilkan atraksi dengan dibantu oleh 4 orang  guriangnya ( anggota padepokan-red) saat itu menampilkan atraksi maut diantaranya manusia dipatuk ular, kepala orang di adu  genting juga  manusia memakan batu. Sementara itu wa Idu sendiri menampilkan atraksi mautnya  tangan dibakar api setelah dilumuri bensin , bersisir rambut dengan api, membengkokkan linggis baja di pundak, perut tahan ditusuk pisau baja tajam hingga pisau itu patah  dan trakhir menampilkan sajadah keramat yang tahan dibakar api membara hasil bertapa wa Idu selama puluhan  tahun.

Di sela-sela atraksi wa Idu sempat berujar jika ini hanya hiburan semata untuk melestarikan budaya leluhur dari keturungan prabu Siliwangi dan bukan untuk pertunjukan jago-jagoan karena menurutnya manusia itu tak ada yang jago karena yang jago hanya Alloh swt semata, ujarnya.

“Kita putra Jawa Barat yang merupakan keturunan Prabu Siliwangi harus melestarikan budaya leluhur agar jangan sampai punah di telan masa”, ujar wa Idui.

Hadir dalam acara itu selain tamu undangan juga Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata  Pemuda dan Olah Raga  (Disbudparpora) Kab.Sumedang  Drs.Herman Suryatman, MsiSalah seorang penonton yang datang cukup jauh dari lokasi hiburan mengaku terhibur dengan acara itu

“ Saya merasa terhibur dengan aktraksi maut ini saya dapat kabar  dari teman saya jika di Binong ini akan ada atraksi maut yang dilakukan oleh wa Idu yang biasa tampil di TV, olah karena itu saya sengaja  datang bersama rekaka-rekan untuk menyaksikan”, ujar Ade (20) warga Padasasuka saat di temui di sela-sela acara.( JEKY)